Pulau Pramuka
Obyek Wisata Pulau Pramuka
November 6, 2015
Show all

Aktivitas Wisata di Pulau Tidung

sunset pulau tidung

Untuk warga kota Jakarta, merasakan pantai dengan pasir putih serta air biru yg jernih bisa Anda dapatkan tanpa harus menempuh jarak yng kelewat jauh juga mengeluarkan uang besar. Pulau Tidung, yang saat ini semakin terkenal dan sebagai tujuan para pelancong yang mayoritas berasal dari Jakarta. Mari cari tahu tentang pulau yang terletak di Kepulauan Seribu ini lalu siapkan diri tuk berlibur ke pulau ini.

Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah salah satu pulau yg masuk dalam gugusan Kepulauan 1000. Pulau ini masih dalam daerah DKI Jakarta dan akan menjadi sebuah favorit tujuan pantai diluar pantai Ancol. Pulau Tidung tersebut sebenarnya terbagi dari Dua pulau, yaitu Pulau Tidung Besar serta Pulau Tidung Kecil. Pulau Tidung Besar adalah salah satu pulau termegah antara pulau-pulau lainnya di kepulauan 1000. Sedangkan Pulau Tidung Kecil tak berpenduduk.

Pulau ini kian ramai menyerap wisatawan lantaran daya tarik pulau ini nan kian terpencar. Pulau Tidung mempunyai hamparan pasir putih yng membuat pantainya makin menawan. Air laut kebiruan yng jernih mengundang para pewisata untuk menengok lebih jauh ke dasar air yang memiliki ikan-ikan eksotis ataupun terumbu karang.

Kapal ke Pulau Tidung

Perjalanan mencapai Pulau Tidung tidak begitu lama. Dgn mempergunakan kapal dari Muara Angke, Jakarta, waktu yng dibutuhkan kira 2-3 jam. Schedule kapal menuju ke Pulau Tidung lebih kurang pukul 08.30 WIB, jadi mohon jgn sampai telat agar Anda gak ditinggal. Lantaran perjalanan melalui air, jadi Anda takkan bosan oleh hiruk pikuk yang kerap terjadi di jalan-jalan daratan menuju destinasi wisata yang umum terjadi di waktu liburan. Disamping itu, untuk merasakan semua panorama ini, biaya yang dihabiskan pun tidak begitu besar hingga tidak perlu menguras tabungan anda untuk traveling ke Pulau Tidung. Ongkos naik perahu sampai ke Pulau Tidung sejumlah Rp 33.000,- untuk satu orang.

Metode lain menuju Pulau Tidung ialah memanfaatkan jasa wisata yang diberikan. Umumnya kapal akan start dari Ancol dan memakai kapal boat istimewa. Dan sudah pasti tarif yang diberikan lebih tinggi dibanding menaiki perahu.

The Love Bridge atau Jembatan Cinta

Pulau Tidung Besar dengan Pulau Tidung Kecil disatukan oleh jembatan yng, jadi ciri khas dalam pulau ini. Jembatan yg disebut dengan julukan Jembatan Cinta ini merupakan salah satu tujuan yang biasa didatangi teruntuk para pengunjung. Panjang jembatan tersebut sekitar 850 m. Dari jembatan yng dibuat dari kayu itu, wisatawan bisa melihat panorama di dalam air laut misalnya terumbu karang atau ikan-ikan yg lihay berenang di pinggir jembatan. Sewaktu pagi ataupun sore hari, jembatan tersebut menjadi spot yang romantis buat melihat sunrise atau sunset. Anda juga boleh menguji nyali untuk lompat ke dalam laut dr Jembatan Cinta yang ketinggiannya lebih kurang 10 m. Aktivitas yng, biasa diperbuat para wisatawan di Pulau Tidung.

Sarana dan Prasarana Pulau Tidung

Bermacam kegiatan yg bisa dilakukan di Pulau Tidung diantaranya bersepeda berkeliling pulau, pantai ataupun mengarungi Jembatan Cinta. Sepeda yang direntalkan dengan tarif Rp 20.000,- untuk satu hari memungkinkan Anda berpuas-puas berkeliling pulau ini. Tidak ada kendaraan roda empat di pulau itu sehingga jalan-jalan yg ada antara tempat tinggal penduduk bukan jalan yg besar. Tempat tinggal simple milik masyarakat, tanaman-tanaman yang terdapat di depan rumah, pohon rimbun di samping jalan dan pohon kelapa di pesisir pantai membuahkan nuansa berbeda dari kota besar. Kegiatan yang mengasyikkan sekaligus menjadi sarana merefresh tubuh yang lelah.

Snorkeling menjadi kegiatan nan tepat dinikmati di pantai Tidung. Airnya yng jernih membikin kita bisa melihat beragam biota laut yang berada di bawah air dengan terumbu karang yg ada. Apabila tidak mempunyai perlengkapan snorkeling, Anda bisa menyewanya dengan bandrol Rp 30.000,-. Untuk merasakan panorama yang lebih eksotis, Anda dapat menggunakan perahu supaya dapat menjangkau sejumlah spot dasar laut yang cantik.

Banana Boat serta kano adalah permainan air yg patut dicoba di pesisir pantai Pulau Tidung. Swimming di dekat pantai dgn anak-anak bakal membuat anak-anak merasakan rekreasinya. Pantai nan dangkal plus airnya yng bersih bisa menjadi zona main buat anak.

Sesudah puas bermain di pantai, refreshkan diri Anda dengan menyantap kelapa muda di tepi pantai. Untk memenuhi perut yg lapar, ada warung nasi sederhana yang dipunyai warga pulau ini. Anda dapat berbincang bincang dengan para masyarakat yang murah senyum. Penduduk tak bersifat komersil, hingga harga kuliner dan minuman tak dibandrol dengan cost yang tinggi. Anda bakal bisa memperoleh seporsi makanan dengan biaya Rp 20.000,-.

Jika Anda memilih untuk bermalam di pulau ini, jangan sampai terlewatkan kesempatan tuk BBQ di pesisir pantai. Merasakan ikan bakar serta makanan laut lain sambil diterpa udara malam pantai yang sejuk serta desir ombak tentu akan menjadikan selera makan meningkat.

Akomodasi atau homestay di Pulau Tidung

Tempat akomodasi di pulau ini bukan resort maupun hotel mewah. Para wisatawan pulau ini bisa bermalam secara homestay. Tempat tinggal warga disewakan buat para pelancong yang ingin liburan di pulau ini. Anda boleh memilih apa ingin menyewa penginapan menggunakan AC atau tanpa AC. Walau tak semewah hotel atau cottage, homestay di Pulau Tidung sangat bersih juga yang tentunya biayanya tidak menguras kantong. Bagi para backpackers ataupun yg hendak mencoba pilihan lain, Anda boleh berkemah di tepi pantai untuk camping.

Keindahan pantai dan laut yang bakal Anda peroleh di Pulau Tidung tak kalah dgn pantai lainnya yang terpopuler. Untuk menuju pulau ini pun tidak dibutuhkan biaya yang kelewat tinggi. Banyak paket wisata yng menyediakan wisata ke pulau tersebut dengan harga sekitar Rp 500.000,- yg sudah mengcover biaya transportasi, makan serta homestay. So, andai Anda ingin berwisata tanpa harus direpotkan oleh budget, Pulau Tidung pantas menjadi satu-satunya tujuan pariwisata Jakarta yang eksotis