pulau Seribu
Menyigi Surga Bawah Laut di Pulau Harapan
November 23, 2015
Banana Boat Pulau Tidung
Panorama Apik dan Mempesona dari Pulau Tidung
November 24, 2015
Show all

Eksotisme Pulau Pramuka yang Memukau

Pulau-Pramuka

Pulau Pramuka terlihat berbeda dari belasan pulau lain yang masuk dalam gugusan Kepulauan Seribu. Jalan beraspal, kantor-kantor pemerintah, rumah sakit serta bangunan sekolah dari tingkat TK hingga SMA bisa ditemukan dengan mudah di sana. Sekilas, Pulau Pramuka terlihat lebih menyerupai seperti kawasan pusat pemerintahan ketimbang lokasi wisata.

Anggapan tersebut sama sekali tidak salah, karena Pulau Pramuka memang didampuk sebagai pusat pemerintahan di Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu sejak 2003 silam. Kantor-kantor pemerintah yang terdapat di Pulau Pramuka melayani 20.000 jiwa yang tersebar di sebelas pulau gugusan berpenghuni, yaitu Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung Kecil, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Harapan, Pulau Kelapa dan Pulau Sebira. Belum lagi beberapa pulau lain yang khusus diperuntukan sebagai kawasan resort.

Aktivitas masyarakat di Pulau Pramuka memang lebih sibuk. Namun, hal tersebut sama sekali tidak berpengaruh terhadap kemolekan panorama wisata bahari yang dimilikinya. Bahkan, kelengkapan infrastruktur membuat Pulau Pramuka semakin diminati wisatawan. Nama Pramuka sendiri bukanlah nama asli pulau yang masuk dalam Kelurahan Pulau Panggang ini. Konon awalnya Pulau Pramuka bernama Pulau Elang.

Menurut riwayat penduduk setempat, nama Pulau Elang melekat karena dahulunya kawasan tersebut memang menjadi habitat burung elang. Melekatnya nama Pulau Pramuka dikarenakan seringnya kegiatan pramuka diadakan di sana. Untuk menyeberang ke Pulau Pramuka, kita bisa bertolak dari Dermaga Muara Angke di Jakarta Utara. Perjalanan memakan waktu sekitar 3,5 jam menggunakan kapal penumpang.

Aneka Spot Wisata di Pulau Pramuka

Pulau Air

Salah satu spot andalan yang bisa dituju saat berkunjung ke Pulau Pramuka adalah Pulau Air. Wisatawan yang pernah berkunjung ke Pulau Air sepertinya sepakat kalau Pulau Air memiliki panorama terbaik dibanding kawasan lain. Mengarungi Pulau Air menggunakan perahu akan memberikan sensasi tersendiri. Perahu yang kita tumpangi seolah membelah dua pulau. Pada sisi kiri dan kanan banyak pepohonan rindang yang membuat suasana terasa nyaman dan asri.

Tidak hanya tampilan di atas permukaan laut, pesona bawah lautnya pun berkualitas tinggi. Taman laut yang dihiasi aneka terumbu karang membuat kita seakan berada di atas aquarium raksasa. Ikan-ikan hias kecil juga bisa dilihat hanya dengan mata telanjang. Semuanya tampak indah dan menjadikan pengalaman wisata anda sulit dilupakan.

Penangkaran Ikan Hiu Nusa Keramba

Penangkaran ikan hiu di Nusa Keramba merupakan salah satu objek wisata yang paling digemari. Tapi jangan harap bisa melihat hiu ganas bergigi tajam, penangkaran ini hanya menyimpan bayi-bayi hiu. Ketika beranjak dewasa, hiu-hiu tersebut akan dilepas ke habitat aslinya di lautan lepas,

Penangkaran Penyu

Selain hiu, Pulau Pramuka juga memiliki penangkaran penyu. Di sini kita akan mendapati dua buah ruang semi terbuka yang memiliki beberapa bak yang berisi penyu sisik. Penangkaran satwa yang dilindungi ini telah beroperasi sejak tahun 1984. Penyu sisik sudah ditetapkan Organisasi Internasional untuk KOnservasi Sumber Daya Alam sebagai hewan yang terancam punah.

Daerah ini merupakan salah satu tempat penangkaran satwa, dan sudah didirikan sejak tahun 1984. Penyu sisik adalah satwa khas yang ditemukan di beberapa pulau di wilayah Kepulauan Seribu. International Union for Conservation of Nature telah menetapkan bahwa penyu sisik adalah salah satu hewan yang terancam punah.

Berjalan Santai

Keindahan alam di Pulau Pramuka begitu sayang untuk dilewatkan. Nah, untuk memenuhi hal tersebut, masyarakat setempat juga menyediakan penyewaan sepeda. Mengelilingi setiap detail Pulau Pramuka dengan mengayuh sepeda akan sangat menyenangkan. Dengan bersepeda kita juga bisa melihat dari dekat aktivitas masyarakat Pulau Pramuka. Untuk dapat bersepeda, wisatawan harus merogoh kocek berkisar Rp10.000-Rp40.000. Angka tersebut tidak apa-apanya dibanding kesegaran yang diperoleh usai bersepeda.

Kemping di Pulau Pramuka

Sesuai dengan sejarah namanya, Pulau Pramuka memang kerap dijadikan sebagai lokasi untuk kemping bagi anggota pramuka. Nah, tradisi tersebut sepertinya diteruskan oleh wisatawan pendatang dengan melakukan kegiatan kemping di Pulau Pramuka. Yang lebih penting, konsep kemping pastinya ikut mengirit biaya liburan ketimbang harus menginap di homestay yang berserak di Pulau Pramuka.

Snorkeling di Pulau Pramuka

Menikmati wisata bahari tentu tidak lengkap tanpa melihat langsung pemandangan alam bawah laut yang begitu mempesona. Untuk menikmati, snorkeling adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan di Pulau Pramuka. Dengan snorkeling, kita bisa menyelami permukaan laut dan menikmati keindahan terumbu karang dan biota laut lainnya.

Hampir setiap wisatawan memiliki tujuan utama untuk bersnorkeling di Pulau Pramuka. Snorkeling tidak membutuhkan keahlian khusus. Bahkan, orang tidak bisa berenang pun bisa melakukan snorkeling selama memiliki peralatan yang lengkap. Peralatan yang digunakan untuk kegiatan ini adalah, alat bantu napas yang berbentuk huruf J, biasanya disebut dengan snorkel, kaki kata atau fins dan pelampung.

Tips Snorkeling di Pulau Pramuka

Meski relatif aman untuk pemula, snorkeling di Pulau Pramuka juga harus memperhatikan sejumlah hal, terutama untuk urusan keselamatan diri. Berikut tips yang bisa dilakukan saat snorkeling.

  • Snorkeling berkelompok, Menjelajah dunia bawah laut sendirian sangat tidak disarankan. Adanya teman di samping kita akan memudahkan kita untuk meminta pertolongan jika terjadi sesuatu, misalnya kram saat menyelam atau bertemu dengan spesies yang berbahaya. Oleh karena itu, usahakan tidak terlalu jauh dari teman-teman ketika bersnorkeling
  • Cek peralatan: Usahakan peralatan yang dikenakan pas untuk tubuh kita. Hal ini untuk mencegah agar tidka mudah kemasukan air. Pastikan juga masker dan alat bantu napas tidak bocor.
  • Gunakan masker dengan benar: Jangan sampai terselip suatu benda seperti rambut pada masker, ini akan sangat menganggu pemandangan saat menyelam. Pastikan maskr terpasang rapat dan vakum, begitu juga dengan pemasangan tali, jangan terlalu longgar, jangan pula terlalu kencang. Untuk mengantisipasi embun pada kaca masker, bisa mengoleskan sabun bayi atau pasta gigi pada kaca.
  • Latihan Bernapas: Sebelum menyelam, usahakan berlatih napas menggunakan snorkel (alat bantu napas)
  • Bersikap tenang: Sikap tenang akan membantu kita dalam bersnorkeling. Angkat kaki secara perlahan, buat posisi tubuh menelungkup di atas permukaan air, buka tangan dan kaki melebar agar anda mengapung.
  • Membersihkan masker dan snorkel: Ada kemungkinan kita bertemu dengan situasi di mana masker dan snorkel kemasukan air. Tapi jangan panik. Lakukan clearing dengan cara menarik nafas panjang melalui mulut, kemudian hembuskan kuat-kuat melalui hidung, sehingga udara bercampur air di dalam masker bisa keluar.
  • Waspada: Kewaspadaan tetap perlu dijaga. Perhatikan keadaan sekitar seperti perubahan gelombang laut, udara
  • Jaga kelestarian: Keasyikan bersnorkeling jangan sampai membuat kita bernafsu untuk mengambil spesies yang ada. Tetaplah jaga kelestarian biota laut.

Dengan segala fasilitas yang ada, memang layak Pulau Pramuka untuk masuk dalam list lokasi liburan yang akan anda tuju bersama keluarga.