Pulau Harapan
Kelebihan dan Kekurangan di Wisata Pulau Harapan?
November 9, 2015
pulau ayer
Sensasi Goyang di Floating Cottage Pulau Ayer
November 23, 2015
Show all

Romantisme Pulau Pari

Pulau-Pari-Kepulauan-Seribu

Hai, travelers… Sudah punya rencana travelling kemana Anda kali ini? Kalau masih belum tau harus travelling kemana, kenapa tidak ke Pulau Pari saja? Letaknya juga tidak jauh dari Jakarta. Pulau pari adalah salah satu pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu memang menyimpan seribu keindahan alam. Selain pulau pari ada juga beberapa pulau cantik lain yang jadi favorit wisatawan, antara lain Pulau Tidung, Pulau Harapan, dan Pulau Pramuka. Anda bisa kabur dari hiruk pikuknya ibu kota Jakarta, melepas stress setelah setiap hari berpeluh dengan penatnya pekerjaan atau Anda yang ingin menikmati romantisme alam di pulau ini.

Transportasi dan Fasilitas di Pulau Pari

Sebelum memutuskan untuk travelling Anda wajib membekali diri dengan pengetahuan tentang akses transportasi dari dan ke tempat tujuan Anda, serta fasilitas apa yang ada di sana sehingga Anda tidak kebingungan dan bisa menyiapkan kebutuhan-kebutuhan traveling Anda dengan baik.

1. Akses Transportasi

Pulau Pari sendiri letaknya lebih dekat daripada Pulau Tidung, bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam dari Jakarta. Pelabuhan yang paling sering digunakan untuk mengangkut wisatawan dari Jakarta ke Pulau Pari adalah Pelabuhan Muara Angke dan Dermaga Kali Adem. Dua pelabuhan ini letaknya tidak berjauhan. Dari Pelabuhan Muara Angke banyak kapal kayu bermotor dua lantai yang bisa mengantarkan Anda ke Pulau ini.

Jadwal keberangkatan kapal hanya pagi hari yaitu pukul 07.00 – 08.00 WIB. Sedangkan kalau Anda berangkat dari Dermaga Kali Adem, Anda akan diantarkan menggunakan kapal motor yang lebih cepat namun kapasitas tidak banyak. Jadi disarankan untuk datang lebih awal dan membeli tiket sebelum kehabisan. Untuk pemberangkatan kapal motor pertama, loket di Dermaga Kali Adem dibuka pukul 05.00 dan pemberangkatan kapal pukul 07.00 WIB. Kapal kedua berangkat pada pukul 13.00 dan tiket bisa dibeli mulai pukul 12.00.

Saat akan kembali dari Pulau Pari ke Muara Angke, Anda dapat menggunakan kapal yang tersedia pukul 07.00 setiap harinya. Khusus untuk hari Jumat dan Minggu ada tambahan kapal yang berangkat siang hari pukul 11.00 WIB. Sedangkan kapal motor dari Pulau Pari ke Dermaga Kali Adem berangkat pertama pukul 09.00 dan loket dibuka pukul 08.00. Kapal kedua berangkat pukul 14.00, loketnya dibuka satu jam sebelumnya. Kapal beroperasi setiap hari.

2. Penginapan

Penginapan yang ada di Pulau Pari umumnya adalah homestay milik penduduk setempat. Ada yang jadi satu dengan rumah pemilik, ada pula rumah khusus yang terpisah dari rumah pemilik dan disewakan untuk wisatawan. Fasilitas yang ditawarkan di dalam penginapan pun juga sudah cukup lengkap, ada TV, AC, kulkas, springed, dan juga dispenser. Mengenai harga penginapan, Anda dapat tawar menawar dengan pemilik karena tidak ada harga pasti yang ditetapkan oleh para pemilik penginapan. Homestay yang ditawarkan biasanya berbentuk kamar yang luas, cukup ditempati 6-10 orang.

3. Tempat makan dan toko oleh-oleh

Penduduk Pulau Pari banyak yang membuka usaha warung makan, jadi Anda tidak perlu cemas akan kesulitan mencari penjual makanan di sini. Anda dapat menikmati berbagai olahan seafood di warung-warung tersebut, dengan menu utamanya adalah sajian ikan bakar segar. Tidak lengkap rasanya jika pulang travelling tanpa membawa oleh-oleh. Berbagai macam makanan olahan khas bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Manisan rumput laut, asinan cumi-cumi, dan manisan buah ciremai bisa Anda dapatkan di Pulau Pari. Selain itu juga ada bermacam-macam kerajinan dari kerang sebagai cinderamata.

Aktivitas dan Spot Wisata di Pulau Pari

Setelah tahu tentang transportasi dan fasilitas di Pulau Pari, sekarang Anda harus tahu kegiatan apa saja yang bisa Anda lakukan di sana dan juga spot-spot wisata di sana. Dengan begitu Anda bisa memaksimalkan waktu Anda untuk berwisata dan tidak melewatkan hal-hal menarik yang ada. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam Pulau Pari adalah pada bulan Maret – Oktober, karena pada bulan-bulan tersebut cuaca cenderung cerah dan tidak banyak angin kencang yang kadang dapat memicu badai, selain itu tidak banyak sampah kiriman dari Jakarta pada bulan tersebut.

1. Pantai Pasir Perawan

Pantai dengan pasir putih, ombak tenang, air laut jernih, terumbu karang yang indah, dan pepohonan rindang seakan menjadi kombinasi sempurna yang menggambarkan keindahan alam dan seluruhnya bisa Anda dapatkan sekaligus di satu tempat, yaitu Pantai Pasir Perawan. Pantai ini adalah salah satu favorit wisatawan yang datang ke Pulau Pari ini.

Selain menyuguhkan keindahan alam, di sana juga terdapat fasilitas pendukung yang cukup lengkap. Anda dapat bermain bola voli, menikmati kuliner ditemani hembusan angin sepoi-sepoi, atau sekedar bersantai di balai-balai bambu yang tertata rapi di tepi pantai dan tumbuhan bakau, Pantai Pasir Perawan memang ditata dan dijaga oleh masyarakat sebagai obyek wisata utama di Pulau Pari. Pemandangan saat sunrise dan sunset juga menjadi daya tarik dari Pantai Perawan ini.

2. Pantai LIPI

Di sisi barat Pulau Pari ada sebuah area yang dikelola oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Pulau Pari memang dijadikan salah satu pusat penelitian oceanografi Indonesia, di sini dilakukan pemeliharaan dan penelitian tentang biota dan tanaman laut. Di area ini ada sebuah pantai yang juga sangat indah. Pantai LIPI juga memiliki pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Karena posisinya yang ada di sebelah barat pulau, pantai ini memiliki pemandangan sunset yang sangat cantik. Menikmati suasana romantis dengan sunset yang cantik dan kelembutan pasir putih pasti akan membuat Anda betah berlama-lama di pantai ini.

3. Pantai Kresek

Pantai Kresek terletak tidak jauh dari Pantai LIPI. Hamparan pasir putih yang luas akan menyambut Anda saat Anda datang ke pantai ini. Terdapat tumbuhan-tumbuhan yang rindang yang bisa digunakan untuk bersantai dengan nyaman. Di dekat pantai juga terdapat padang ilalang yang hijau dan luas, di sana Anda dapat mengekspresikan mood Anda dengan berfoto dihiasi latar belakang keindahan padang ilalang.

4. Snorkeling

Terumbu karang di sekitar Pulau Pari sangat dirawat oleh masyarakat, selain sebagai pusat konservasi oceanografi juga untuk memanjakan wisatawan yang hobi snorkeling menikmati keindahan di bawah laut. Anda dapat melakukan aktivitas snorkeling di sekitar Pulau Pari dengan mudah, di sana juga sudah disediakan penyewaan perlengkapan snorkeling. Anda dapat menuju ke spot snorkeling dengan naik perahu dari dermaga Pulau Pari. Perjalanan dari dermaga ke spot snorkeling memakan waktu sekitar 45 menit. Terumbu karang yang indah, ikan-ikan kecil yang lucu, dan arus laut yang tenang akan memuaskan Anda.

Itu tadi adalah beberapa keindahan Pulau Pari yang dapat Anda nikmati. Masih banyak lagi spot-spot cantik yang belum sempat disampaikan. Tentunya ada banyak sekali keindahan di Pulau Pari yang tidak mampu digambarkan dalam sebuah tulisan, Anda harus mengalami dan menyaksikannya sendiri agar bisa menikmati sensasi keindahannya. Dan semoga dari informasi yang telah disampaikan tadi, Anda tidak melewatkan satu pun momen keindahan Pulau Pari saat Anda berwisata ke sana.