Sensasi Goyang di Floating Cottage Pulau Ayer

Pulau-Pari-Kepulauan-Seribu
Romantisme Pulau Pari
November 21, 2015
pulau Seribu
Menyigi Surga Bawah Laut di Pulau Harapan
November 23, 2015
Show all

Sensasi Goyang di Floating Cottage Pulau Ayer

pulau ayer

Papua terasa begitu dekat ketika menjejakkan kaki di dermaga Pulau Ayer. Konsep etnik yang ditancapkan di salah satu gugusan Kepulauan Seribu itu seolah membawa kita ke bagian paling timur Indonesia tersebut. Patung kayu besar seperti buatan suku Asmat ikut menyambut kedatangan wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pulau Ayer. Pulau yang dijuluki Mutiara Kepulauan Seribu itu.

Konon, konsep etnik Papua disematkan pada Pulau Ayer sebagai bentuk promosi Papua yang dahulu bernama Irian Jaya. Saat Pulau Ayer pertama kali dibuka 1986, Irian Jaya baru masuk dalam kesatuan NKRI. Praktis melalui Pulau Ayer, kita juga bisa mengenal sedikit kebudayaan masyarakat Papua. Cerminan Papua pada Pulau Ayer bisa dilihat dari bentuk bangunan cottage penginapan, penamaan lokasi, patung kayu dan warnanya.

Meski baru dilaunching pada 1986, namun eksistensi Pulau Ayer sudah cukup lama. Bahkan kabarnya Presiden pertama RI Soekarno juga menjadikan Pulau Ayer sebagai tempat beristirahat. Saat ini, Pulau Ayer berada dalam pengelolaan Ancol. Untuk menyeberang ke sana, jalur utama yang bisa ditempuh adalah melalui Dermaga Muara Angke atau Marina Ancol. Dengan jarak tempuh 14 km, kita membutuhkan waktu 30 menit perjalanan menggunakan kapal boat.

Pihak pengelola menyediakan 4 speedboat untuk menganggung wisatawan menuju Pulau Ayer. Speedboat tersebut mampu memuat penumpang sebanyak 40 orang dan berangkat setiap harinya pukul 09.00 pagi. Agar bisa leluasa memilih paket perjalanan, anda harus datang lebih pagi. Pengelola Pulau Ayer juga membuka paket perjalanan One Day Tour Front Office dengan biaya yang relatif terjangkau, yaitu sekitar Rp300 ribu saja.

Floating Cottage Andalan Pulau Ayer

Bila anda ingin lebih puas menikmati pesona alam Pulau Ayer, anda bisa menyewa penginapan di sana. Di wilayah darat, ada cukup banyak penginapan dan resort yang bisa anda pilih sesuai selera dan budget yang tersedia. Namun, jika anda ingin merasakan sensasi berbeda, floating cottage bisa menjadi pilihan terbaik. Floating Cottage disebut juga dengan cottage terapung. Cottage tersebut dibangun di atas permukaan air laut dengan beberapa tonggak penyangga. Membuatnya terlihat seolah mengapung di atas air.

Ada 33 floating cottage yang bisa anda pilih. Pada cottage ini, konsep Papua terletak pada penamaan cottage. Ada Fakfak, Serui, Enarotali atau Ayamaru. Jangan ditanya soal sensasinya. Karena berdiri di atas laut, maka anda bisa efek seperti sedang berlayar. Selain view yang menghadap ke lautan luas, gelombang laut juga tak jarang membuat bangunan bergoyang. Cukup menyeramkan, tapi memang disitulah letak sensasinya.

Uji ketahanan bangunan dibuktikan seiring berjalannya waktu. Bangunan cottage yang sudah cukup lama dibangun tampak masih kuat dan kokoh. Tentu saja pihak pengelola melakukan perawatan secara berkala terhadap cottage-cottage tersebut. Material kayu dan tiang penyangga yang terbuat dari baja dicampur dengan berbagai baham kimia agar tidak cepat busuk dan berkarat.

Setiap cottage juga memiliki fasilitas lengkap, seperti televisi, AC, hingga shower air dingin/hangat. Untuk urusan air, Pulau Ayer memiliki satu kelebihan dibanding pulau lainnya, yaitu adanya sumber air tawar, sehingga pengelola tidak sulit menyediakan kebutuhan air tawar dengan mengirimnya dari Jakarta dengan kapal tanki.

Kepulauan Seribu memiliki beberapa gugusan pulau, baik yang berpenghuni mau yang khusus yang ditujukan untuk kebutuhan wisatawan atau disebut dengan istilah pulau resort. Nah, Pulau Ayer adalah salah satu pulau resort yang ada di Kepulauan Seribu. Meski tanpa penduduk, Pulau Ayer juga dilengkapi sejumlah fasilitas public, seperti rumah ibadah, minimarket dan sarana olahraga. Hanya saja, di Pulau Ayer tidak terdapat Automatic Teller Machine (ATM), oleh karenanya anda harus membawa cukup uang tunai untuk dapat menikmati semua fasilitas di Pulau Ayer.

Ekstra Hiburan di Pulau Ayer

Ada banyak paket liburan yang bisa anda pilih, mulai dari harga yang relatif terjangkau hingga fasilitas super deluxe. Pulau seluas 10 hektar ini menyimpan segudang aktivitas hiburan untuk melengkapi liburan anda. Aktivitas darat seperti jogging dan bersepeda merupakan salah satu alternatif kegiatan murah meriah yang bisa dilakukan. Mengitari jalan paving block di sepanjang bibir pantai sambil memandangi pemandangan ke lautan lepas pastinya menghadirkan suasana rileks.

Salurkan Bakat Go Fishing

Pulau Ayer memiliki nama lain, yaitu Pulau Ikan. Hal tersebut karena banyaknya ikan berbagai jenis dan ukuran yang menghuni perairan Pulau Ayer. Karakter Pulau Ayer sebagai pulau karang memiliki banyak lumut yang mengundang ikan-ikan berdatangan. Oleh karena itu, Pulau Ayer merupakan lokasi yang tepat untuk menyalurkan hobi memancing. Banyak orang yang sengaja datang hanya untuk memancing di dermaga pancing yang terletak di kawasan belakang pulau. Sebagian lagi menggunakan teras floating cottage mereka untuk memancing.

Jika sudah begini, memancing tidak akan kenal waktu lagi. Apalagi pengelola membebaskan pengunjung untuk memancing sepuasnya tanpa dipungut bayaran. Biaya memancing hanya dikenakan bagi pengunjung yang masuk dengan kapal pribadi, itupun tidak mahal, hanya Rp50 ribu saja. Setelah itu mereka pun bebas menggunakan semua fasilitas di Pulau Ayer.Beberapa fasilitas gratis yang disediakan pengelola seperti kolam renang, taman bermain dan beberapa fasilitas olahraga seperti lapangan basket dan volly.

Sementara untuk sarana hiburan seperti karaoke, meeting room dan gedung serbaguna dikenakan biaya tersendiri. Pengelola Pulau Ayer juga menyediakan penyewaan perlengkapan pancing jika anda datang dengan tangan kosong.Jika fasilitas olahraga darat seperti basket dan voli disediakan gratis, tidak demikian dengan fasilitas olahraga air yang dikenakan biaya penyewaan. Ada berbagai perlengkapan sarana olahraga air yang bisa anda sewa, seperti jet ski, banana boat, cano, sepeda air. Semuanya bisa anda sewa dengan biaya yang relatif terjangkau.

Puas beraktivitas, anda tak perlu khawatir ketika rasa lapar mulai hinggap. Di Ayer, makanan disediakan pada jam tertentu. Ketika jam makan tiba, speaker-speaker akan memanggil wisatawan untuk menikmati hidangan di restoran yang tersebar di penjuru Ayer. Ada berbagai makanan yang disajikan, mulai dari masakan Indonesia, China, dan makanan ala barat. Anda bisa bersantap di teras restoran sambil menikmati angin laut.

Tanpa Snorkeling

Jika gugusan pulau lain di Kepulauan Seribu terkenal dengan wisata air snorkeling, maka tepislah keinginan anda untuk menyelami lautan Pulau Ayer. Lokasinya yang berdekatan dengan pantai Jakarta membuat pencemaran air di Pulau Ayer tergolong tinggi. Karena itu, Pulau Ayer masuk kategori berbahaya untuk snorkeling.

Sayang sekali memang, karena tak lengkap rasanya menikmati pesona wisata bahari tanpa menyelam. Padahal dari tampilan fisik, kebeningan air dan julukannya sebagai Pulau Ikan jelas menjanjikan keindahan yang menyenangkan ketika kita bisa menyelam di permukaan airnya. Meskipun begitu, seabrek fasilitas dan kegiatan hiburan menarik yang disajikan Pulau Ayer tentu tak menyurutkan kita untuk berkenalan dengan pulau yang sempat didatangi Presiden Tito dari Yugoslavia itu.