Traveling Sambil Belajar Sejarah di Pulau Bidadari

pulau sepa
Keindahan Ekosistem Bawah Laut di Pulau Sepa, Pulau Seribu
November 24, 2015
Pulau Putri
Kemewahan Alam di Pulau Putri
November 24, 2015
Show all

Traveling Sambil Belajar Sejarah di Pulau Bidadari

pulau bidadari

Pulau bidadari adalah salah satu pulau yang terletak di gugus pulau Seribu. Termasuk dari sekian pulau yang terdapat di pulau seribu yang memiliki keindahan alam yang menarik dan menawan. Hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pulau ini dahulu biasa di sebut dengan pulau sakit dan pulau Purmerend. Letaknya hanya sekitar 15km dari Jakarta, termasuk pulau paling depan yang terdapat pada pulau seribu sehingga biasa disebut dengan “Gerbang Pulau Seribu”.

Transportasi Menuju Pulau Bidadari

Dikarenakan letaknya yang tidak terlalu jauh dari dataran Jakarta, maka transportasi yang digunakan pun tidaklah sulit di dapat. Pulau Bidadari ini dapat ditempuh perjalanan dari dermaga 17 Marina di Taman Impian Jaya Ancol kemudian setelah banyak penumpang yang berdatangan akan diantarkan menggunakan kapal boat cepat yang dilengkapi dengan interior didalamnya berupa pelampung dan peralatan keselamatan yang disediakan untuk masing-masing penumpang. Waktu yang di tempauh dalam perjalanan sekitar 30 menit. Kapal boat yang digunakan tergolong nyaman dan memiliki jendela yang besar sehingga dapat kita gunakan untuk hunting poto-poto keadaaan sekitar.

Saat sampai pada dermaga Bidadari Eco Resort, kedatangan ini biasanya juga dimanfaatan oleh para pengunjung untuk berfoto bersama kapal boat cepat dan lokasi kedatangan kapal. Sebab pemandangan pada dermaga ini juga merupapakan salah satu spot yang indah dan berkesan, biasanya juga banyak pengunjung yang melakukan foto prewed di lokasi ini. Kedatangan kita juga akan disambut dengan salah satu icon unik dari Pulau Bidadari berupa tulisan “Bidadari” dan meriam replika berjajar yang menunjukkan bahwa pulau ini merupakan pulau yang memiliki obyek wisata sejarah tinggi yang wajib Anda singgahi dan ketahui. Selain itu juga terdapat spot patung tanduk tujuh belas yang sedang mengangkat kakinya

Obyek Wisata Penting Pulau Bidadari

Penyambutan icon di dermaga Pulau Bidadari seolah menunjukkan bahwa pulau ini indah seperti namanya yang indah pula. Pada kawasan Bidadari Eco Resort, biasanya Kita akan disambut oleh tarian khas sebagai ucapan selamat datang untuk para pengunjung dan disediakan 1 gelas “tea mango” yang merupakan minuman khas untuk menyambut pengunjung. Di meja front office juga tersedia beberapa brosur tentang lokasi obyek wisata pulau ini yang akan membantu Anda saat berkeliling Pulau Bidadari ini.

Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan melihat prasasti besar yang menerangkan tentang sejarah Pulau Bidadari yang dahulu pernah dibangung benteng-benteng besar sebagai pelindung Pulau Onrust pada abad XIX. Kemudian benteng ini mengalami kehancuran akibat dari penyerangan Inggris sekitar tahun 1800-1810 yang menyebabkan kawasan ini pun juga hancur. Akhirnya saat ini pulau ini dijadikan sebagai Suaka Purbakala oleh Pemerintah Dinas Museum dan Sejarah DKI Jakarta.

Pulau Bidadari juga dipenuhi dengan tanaman-tanaman langka yang akan membuat mata Anda akan takjub olehnya. Sekitar 50% wilayah pulau ini memiliki berbagai jenis tamanaman yang saat ini sudah mulai langka. Suasana pantai yang sangat biru tentunya akan membawa kedamaian bagi Anda di tambah dengan semilirnya angin sepoi-sepoi yang akan membuat Anda semakin menikmati suasana ini.

Selaian beberapa obyek langka yang kita bahas di atas, masih ada lagi fasilitas menarik yang tentunya akan Membuat Anda semakin betah untuk berlama-lama di sini yaitu adanya permainan air seperti banana sport, cano, jetsky dan ada pula alat pancing. Selain itu juga tersedia tempat bermain games, karaoke, bar, volley beach, tenis meja dan masih banyak lainnya.

Pulau Bidadari sendiri diapit oelh 3 pulau yakni Pulau Onrust, Pulau Cipir dan Pulau Kelor. Pulau-pulau inilah yang dulu digunakan pemerintah VOC untuk berlabuh dan membentuk benteng pertahanan. Benteng pertahanan ini di sebut dengan Benteng Martello. Benteng inilah yang dulu digunakan untuk sarana pengawasan dan pertahanan dari serangan musuh. Benteng ini telah berdiri selama ratusan tahun, dan kini sudah menjadi bangunan tua dengan view rwruntuhannya.

Benteng Matello ini mengelilingi sebuah menara tinggi yang disebut menara Martello. Dari area sekitar menara terdapat beraneka ragam jenis hewan langka yang tentunya sulit kita jumapai saat ini seperti elang bondol, biawak yang hidup bebas, dan masih banyak hewan langka lainnya. Tidak jauh dari area ini juga terdapat sebuah pohon besar dengan usia yang sudah cukup tua yang bernama “pohon jodoh”. Pohon ini dipercaya dapat melanggengkan hubungan dari pasangan yang mengambil foto didekatnya.

Disekitar area hutan Pantai ini juga terdapat sebuah cottage dengan gaya arsitektur yang unik dan sangat tradisional yang diberi nama “Napoleon” dan tentunya nama ini sangat familiar bagi pecinta sejarah dunia. Selanjutnya didekat Napoleon tersebut terdapat area yang diberi nama “kampong kreatif”. Dinilah tempat para pengunjung dapat berbagi ilmu pengetahuan tentang cara [embuatan pupuk tanaman organic, membuat hasil karya dari kertas daur ulang dan masih banyak keatifitas lainnya.

Selain berkunjung ke Pulau Bidadari, jika Anda masih memiliki waktu luang sebaiknya Anda juga mengunjung ke tiga Pulau lain yang mengelilingi Pulau Bidadari yang konon di dalamnya juga menyimpan banyak sekali peninggalan sejarah dan obyek wisata bernilai tinggi. Tentunya semakin banyak pula ilmu dan pengalaman yang kita dapat jika kita mengunjungitempat-tempat ini.

Selain indah dan menyimpan banyak kenangan sejarah, pulau ini juga memiliki beberapa keunggulan lain seperti lokasinya yang dekat dengan Jakarta sehingga tidak mengharuskan Kita untuk menginap, biaya wisatanya juga tergolong murah, lokasi yang romantis sehingga cocok untuk membawa keluara atau pasangan bahkan untuk kegiatan prewed, pilihan wisatanya banyak, bisa digunakan untuk snorkeling, permanan pantai yang lengkap dan selain itu akomodasinya cukup nyaman.

Di Pulau Bidadari juga terdapat banyak penjual oleh-oleh sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk memiliki kenang-kenangan dari Pulau ini. Beberapa cedera mata yang dijual adalah hiasan kerang, kaos-kaos dan celana yang bergamabar tempt ini dan masih banyak lainnya. Jika Anda merasa lapar, juga tidak perlu khawatir karena di sana juga banyak warung yang menjual aneka makanan laut.

Pengelaman dan pengetahuan sejarah yang tersimpan pada Pulau Bidadari ini seolah menjadikan nilai plus tersendiri yang terdapat di dalamnya, selain keindahan Pulau dan keeksotisannya. Tentunya saat kita berkunjung disana sambil kita mendapatkan pengetahuan sejarah yang mungkin tidak kita dapatkan dari tempat wisatanya lainnya atau mungkin tidak mempeoleh keindahan tempat yang sama.

Maka dari itu, bagi Anda yang sedang berkunjung di Jakarta jangan lupa untuk meluangkan sedikit waktu berkunjung di Pulau Bidadari dan pulau-pulau lain sepanjang gugusan Pulau Seribu yang dipenuhi oleh keindahan laut dan obyek wisata yang berbeda-beda. Tentunya selain Kita berwisata, kita juga akan medapatkan ilmu pengetahuan terutama tentang ilmu sejarah yang memang sebagai warga Negara Indonesia kita mengenalnya.